Home

Gaptek

August 12, 2008

I’m very happy right now!! Just for a simple thing, but turns my mood 🙂 Awalnya aku penasaran aja pengen bikin satu tampilan di excel, yang bisa munculin drop down box.  Supaya aku punya satu templates yang time periodnya tinggal pilih aja.  Bingung ya? Maksudku yang kaya gambar di sebelah ini. 

Simple thing, isn’t it? Tapi aku baru bisaaaa 😛  Yeahh.. aku emang rada gaptek siy, dan ngga terlalu ngikutin perkembangan teknologi.

Jadi inget jaman dulu.  Berhubung jaman kuliah jaaaarang banget pake excel, pertama kali kerja aku tampak sangat bodoh.  Aku masih inget, diskusi sama beberapa temen yang juga baru mulai kerja : gimana caranya convert tabel vertikal jadi horizontal.. Hehehehe.. boro-boro ngebahas konsep dehhh..

Aku beruntung ketemu temen yang mau ngajarin sampe ke detail teknisnya.  Waktu itu, pas aku bisa bikin pivot table tuh rasanya udah canggih!! Padahal masih banyak fungsi excel yang lebih canggih, dan heeyy.. ini baru excel loh, masih banyak tools yang jauh lebih canggih untuk bantu kerjaan! Hahahaha… 

Lebih mundur ke masa kecilku, aku dulu “bertangan panas”.  Maksudnya, barang apa aja yang aku pake seringkali jadi rusak.  Dari mulai buku, payung, dan terutama radio/elektronik.  Parahnya, aku tipe orang yang penasaran.  Begitu tau rusak, maksud hati pengen betulin, tapi yang ada malah tambah rusak sampai tak terselamatkan 😀

Cerita gaptek terparah di tahun 2002, untuk pertama kalinya aku ketemu komputer Apple McIntosh di HKIA, dengan mouse yang tidak seperti biasanya, dan browser selain Internet Explorer.  Sambil nunggu connecting flight ke Narita yang masih 3 jam lagi, setelah capek window shopping aku dan dinda, my travel mate, berniat browsing aja sambil cek e-mail.  Tapi oh la la… Ini gimana caranya? Kok mousenya nggak ada yg buat klik kanan/klik kiri? Trus.. Ini browsernya apa si, kok ngga familiar? Hauhahahaha…. Berhubung harus cek e-mail karena butuh nomor telepon contact person, kita keukeuh untuk terus browsing, dan hampiiiir ketinggalan pesawat! Lebih tepatnya : kami begging ke ground crewnya untuk dibolehin masuk pesawat.. 😀

Ke-gaptek-an itu masih berlanjut.  Kalo bingung beli tiket subway siy udah biasa lah ya, tiap negara ada aja yang beda.  Pas sampe hotel di Narita, aku ke toilet karena udah kebelet banget.  Nggak pake liat-liat, aku langsung duduk aja di toilet seatnya.  Pas mau flushing, lagi-lagi aku cuma bisa bengong.  Ya ampuuunnn… ini tombolnya banyak banget! Yang aku kenal (2002 loh), toilet tuh cuma punya satu tombol/tuas buat flush.  Lah ini ada 4!

 

Akhirnya aku malah main-main, semua tombol aku pencetin.  Ternyata sebelum duduk seharusnya aku pencet tombol yang untuk ngeluarin kertas pelapis toilet seat **gak tau apa namanya**.  Dan tiga tombol lainnya untuk : sabun, air untuk basuh, dan pengeringnya.  Flushnya? Ternyata otomatis tiap beberapa detik, dan kalau pintu toilet dibuka.. HUaahhhhh…. gak kebayang kalo harus pup **maaf, gak bermaksud jorok**, bisa stress aku nungguin flush otomatisnya.  Haduuuhhh.. nasib jadi orang gaptek!

Leave a Reply

