Home

Kalau Uang Udah Nggak Berharga Lagi….

August 20, 2008

Beberapa minggu yang lalu aku terima e-mail di milis, yang cerita tentang inflasi di Zimbabwe.  Ada foto-foto dimana untuk beli sayur aja harus bawa uang sekoper, dan kalo nggak salah ada foto yang nunjukkin mereka punya uang dengan pecahan 100.000.000 (seratus juta!).  Pas baca itu aku ketawa miris, ngebayangin kalo belanja sayur aja harus bawa uang sekoper, kalo beli TV harus punya uang berapa koper?  Tapi begitu hari ini baca berita ini di koran, aku merinding.  Ternyata e-mail yang aku baca sebelumnya bukan hoax!

Aku jadi inget pelajaran sejarah waktu sekolah dulu, dimana Indonesia pernah melakukan sanering a.k.a pemotongan nilai mata uang.  Nilai Rp 100 hanya menjadi Rp 1 (berarti nilainya jatuh sebesar 100%).  Kalau menurut cerita ortu (aku blum lahir lah), masa itu jadi masa sulit.  Ya kebayang aja, kalo biasanya bisa beli baju 1, dengan nilai yang sama belum  tentu bisa beli sayur.  Dan sekarang, di Zimbabwe keadaannya jaauhhh lebih sulit.  Tingkat inflasi sampai 11,2 JUTA %!! Padahal di Indonesia yang inflasinya nggak sampai 10% menurut aku cukup luar biasa, bikin hidup jadi lebih mikir-mikir.  Aku jadi merinding..

Dan yang paling bikin aku geram, salah satu pemicunya adalah belum ada kesepakatan tentang pembagian kekuasaan antara pemerintah dan oposisi! Bikin aku tambah nggak berminat mengikuti pekembangan politik yang luar biasa kotor…  Semua harus berpolitik, dari level dunia (antar negara) sampai di kantor pun banyak intrik politik.  Intinya sama : perebutan kekuasaan dan mengeruk lebih banyak uang.  Yang lebih kuat akan semakin kaya, yang suka berpolitik akan semakin mudah mendapatkannya.

Di zaman sekarang ini, kita harus bener-bener kuat mental.  Perkaya batin, supaya nggak jadi stress menjalani hidup. Bahagia tanpa harus ngoyo. Cause I do believe there is something money can’t buy!

Leave a Reply

