Home

Are You Maid?

September 4, 2008

What comes to your mind when somebody ask you that question?

Kalau aku, pertama kali ditanya kaya gitu langsung keselll banget.  Nada bertanyanya agak negatif. He was a chinese oldman in a bus shelter in Singapore. Do I look like a maid? OK, it’s his right to asked me that question. If I am a maid, so what??

Itu yg aku omongin dalam hati waktu ada yg nanya kaya gitu.  Sayangnya aku telat ngeh-nya **seperti biasa** Waktu itu aku masih kuliah, belum familiar sama logat singlish. Jadi kadang gak ngerti apa yang orang lain omongin. Untung ada Dinda yang langsung pelototin si bapak itu, dan thank God our bus was coming.

Sampai sekarang aku masih nggak ngerti kenapa bapak tua itu nanya kaya gitu. Tapi kalo sekarang ini aku ditanya : Are you maid? I will definitely answer : Yes, I am. Maid of a media agency, and I am being paid for that. Iyalah, apa bedanya aku sama Mpok Ipah di rumah? Sama-sama bekerja dan memperoleh penghasilan atasnya, halal, nggak mencuri. Sama-sama punya job desk, suka disuruh dimintain tolong di luar job desk. Sama-sama ninggalin keluarga selama beberapa jam untuk bekerja, dan habis dari tempat kerja juga sama2 ngurus rumah tangga masing2. Baju kerja juga sama2 santai. Rumahnya bahkan lebih besar dari rumahku!!

Nasib aja yang membedakan kita. Mpok Ipah tidak berkesempatan sekolah tinggi, harus menikah muda. Kalau aja dia –dan TKW-TKW yang dianggap rendah oleh bapak tua itu- punya kesempatan yang sama dalam pendidikan, mereka akan sama cerdasnya dengan aku, bahkan lebih cerdas mugkin! At least membuat mereka lebih berdaya. Walaupun jadi TKW, tapi punya pride dan keberanian untuk menentang ketidakbenaran. Dan suatu saat pemikiran si bapak tua itu akan terbukti salah. Indonesian is not only able to become a maid, Indonesian will beat Singaporean **dan negara2 lain yang biasanya memandang remeh kita**

Leave a Reply

