Home

Ramadhan 1429H for AstRiDhO

September 18, 2008

Ramadhan tahun ini bener2 beda buat AstRiDhO, ramadhan pertama setelah pernikahan kami.  Kalo biasanya masing2 ada yang bangunin dan langsung makan makanan yang udah disiapin, sekarang harus saling membangunkan **soalnya kita berdua sama2 suka tidur :P** dan nyiapin makan sahur bareng2.  Buka puasa yang biasanya di jalan dan sendirian, sekarang tetep dijalan tapi udah gak sendirian lagi dooong…. Hmm.. apalagi yang beda ya? Ouwiyaa… tahun ini Mas Idho bakal ikut mudik ke solo! Asikkkkk…. mungkin lebih tepatnya : liburan yahh.. Soalnya udah ngga ada eyang yang biasanya jadi tujuan utama kita kumpul2 di hari lebaran.  Tahun ini selain Solo, kita bakal mampir di Cirebon, Semarang, dan Jogja. 

Apalagi ya bedanya Ramadhan kali ini? Hmm.. tujuan kita berdua, ramadhan kali ini harus lebih baik dari tahun2 sebelumnya.  Untuk aku sendiri, rasanya sudah lebih baik walopun nggak terlalu memuaskan.  Solatnya lumayan ada perbaikan, jalanin puasanya lebih happy, bisa jalanin beberapa ibadah sunnah dengan lebih baik juga.  Tapiiii…. tantangan terberat untuk Astridho di tahun ini : menahan nafsu marah!! Entah kenapa hampir tiap hari adaaaaa aja yang bikin kita berdua naik darah.  Entah keadaan jalanan, kerjaan, ataupun orang2 di sekitar kita.  Emosi kita yang membuat ramadhan kali ini tampak berat.

Kadang aku mikir, sejauh ini menjalani ramadhan kita bisa senang hati, apa karena tinggal di Indonesia ya? Dimana muslim menjadi mayoritas, dan suasananya dikondisikan untuk menyambut ramadhan dan idul fitri.  Toleransi yang tinggi, tayangan televisi yang -walaupun jauh dari nilai islam- bernafaskan islam, masjid yang lebih semarak.  Kalau aku tinggal di tempat lain dimana muslim menjadi minoritas, apa aku bakal se-happy ini ya? Seperti yang Mas idho sering bilang : kita ini lebih mudah untuk punya IMAN SUASANA, tapi yang lebih berat dah harus selalu diusahakan adalah untuk punya SUASANA IMAN.  Sense the difference?

Hari ini aja, hari kedua aku gak puasa, rasanya hati ini kosoooong… Duuuhhh.. semoga aku bisa dapet suasana iman yaa, nggak cuma beriman karena suasana yang dikondisikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: