Home

Me vs Laskar Pelangi : Renungan & Penyesalan

October 10, 2008

AstRiDhO lagi demam Laskar Pelangi niy… Nggak cukup sekali posting disini sampe bikin postingan dari sudut pandang yg lain. Gara2 tadi akhirnya kesampean juga beli CD soundtrack-nya, setelah beberapa kali lupa mampir ke music store. Original lohh!! Aku salah seorang yang setuju dengan kampanye anti piracy walopun cuma diterapkan untuk produk lokal aja. Kalo produk asing sih justru sangat setuju untuk bajakan, abis mereka udah tajir sih hauhahahaha… And… That CD becomes CD of this night for sure! And becomes CD of the weeks – potentially 😛

Nggak tau kenapa, aku terharu pas denger lirik ini :  Menarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga, bersyukurlah pada yang kuasa, cinta kita di dunia selamanya. Bahkan sampai menitikkan air mata waktu menyenandungkan sendiri. Terasa dalam buat aku, mengingat kebahagiaan dan semangat Laskar Pelangi yang luar biasa di tengah segala keterbatasan material. Mungkin lebih tepatnya : aku jadi malu karena aku kurang mensyukuri hidup dan tidak optimal dalam menjalankan pendidikanku.

Alhamdulillah selama ini orang tuaku sanggup menyekolahkan aku di tempat terbaik, menyediakan sarana dan prasarana belajar yang jauh leebih dari cukup kalau dibandingkan anak2 Laskar Pelangi. Tapi aku dulu pernah bolos sekolah, malas belajar, yang setelah bekerja **my real world** sangat aku sesali. Padahal aku nggak ngalamin sekolah bocor, nggak punya peta yang udah sobek2 dimakan usia, sekolahku punya tempat khusus untuk menyimpan semua penghargaan, meja-kursi yang layak, selalu punya seragam & sepatu yang bagus, yang semua itu bertolakbelakang dengan SD Muhamadiyah Belitung.

Aku baru sadar betapa aku sangat butuh pendidikan. Kalau saja aku nggak pernah bolos sekolah/kuliah, kalau saja aku nggak kebanyakan main, kalau aja aku serius untuk belajar sendiri **bukan hanya belajar semalam untuk lulus ujian**, bekerja dan meneruskan hidup di tengah persaingan yang keras ini mungkin akan jauh lebih mudah untukku.

Yang pasti, kalau aku bisa memutar balik waktu ke masa sekolah – terutama kuliah – aku ingin mengoptimalkan waktuku untuk belajar, memahami bab demi bab dan bukan hanya menghafalkannya. Karna banyak hal simple di dunia ini, yang terkadang jadi sulit karena aku nggak paham padahal pernah dipelajari di sekolah. Kalau dulu aku punya semangat seperti laskar pelangi, aku yakin pasti ilmuku jaaaauhhhh lebih luas, dan pemikiranku nggak sedangkal sekarang 😛

Leave a Reply

