Home

Government’s Rules & Programs

October 17, 2008

Dibalik segala berita negatif tentang pemerintah : KKN yg masih ada, program kerja yang tidak terintegrasi di antara departemen, money politic,dsb, perubahan ke arah yang lebih baik memang mulai (sangat sedikit) terlihat. Terutama di Jakarta sih ya, ngga tau kalo di daerah sudah mulai ada perubahan atau belum.

Stigma negatif PNS yang ada di kepalaku : cuma duduk manis baca koran ato ngobrol sana sini, terbantahkan oleh perjuangan 2 temen baikku yang jadi PNS.  Satu calon diplomat di Deplu, dan satu lagi auditor di BPK.  Mereka kerja seperti kami yang kerja di perusahaan swasta : sama2 sering ngalamin pulang malam, stress karna overload job, atau ketemu mission impossible.  Bukan berarti semua PNS seperti mereka sih, banyak juga yang jobless, tapi at least jadi PNS tidak seburuk pikiranku.

Beberapa departemen juga mulai sedia budget buat kampanye lewat media massa. Yang paling sering diputer pas jaman mudik kemaren ya kampanye tertib berkendaraan dari Departemen Transportasi. Namanya juga himbauan, nyatanya kecelakaan tetap banyak terjadi. Perlu usaha penyadaran yang tidak sekedar himbauan, dan masyarakat yang menyadari seberapa mahal nyawa mereka.

Yang sekarang lagi heboh kampanye : Dirjen Pajak dengan Sunset policy-nya. Penghapusan sanksi pajak, penghapusan fiskal, siapa yang nggak tertarik? Mudah2an pelaksanaannya nggak pincang ya.. Melihat salah satu syarat memanfaatkan sunset policy : harus submit semua SPT (tahun 2008 ke belakang) sebelum April 2009. Question to my self : Do I keep all the documents? I’ve worked at 3 different place, how could I collect all the documents?

Huufff… I don’t know whether it’s a good idea or not by having registered tax number. Aku agak curiga dengan segala “kemudahan” yang digembar-gemborkan.

Yang selalu bikin aku nggak habis pikir apa gunanya : kartu kuning! Awal2 aku taunya kartu kuning tuh buat cari kerja. Tapi aku yakin banget banyak calon PNS yang udah punya pekerjaan, tapi tetap melampirkan kartu kuning sebagai syarat pendaftaran. Ada juga yang bilang, kartu kuning itu untuk pendataan tenaga kerja di Indonesia. Is it effective? **masih tetep nggak ngerti padahal bapak metuaku pensiunan Depnaker** Aku 90% membatalkan niat untuk daftar jadi PNS karna kartu kuning itu. Tapi kalo nggak pake kartu kuning sih aku sempet usaha juga…

Kalo masalah nembak KTP atau SIM, aku hampir selalu melakukannya. Kalo KTP, aku nggak pernah nggak nembak, karena selalu dapet pegawai yang langsung ngasih tarif tidak resmi tanpa kompromi sebelumnya. Kalau SIM, aku pernah coba jalur normal, tapi gagal di tes terahir : parkir mundur dengan hanya satu kali percobaan. Spacenya bahkan nggak cukup untuk memuat lebar mobil dengan spion terbuka!! Tu polisi mainin aku kayanya!!! Tampang minta sogokannya tuh asli nyebelin!

Tapi yang paling mengesalkan untukku : waktu aku masukkin proposal untuk International Conference ke Jepang waktu tahun 2002. Ditolak mentah2 sama Departemen Pariwisata Jawa Barat, dan dicuekkin sama Kantor Gubernur Jawa Barat. Padahal pas aku sampe disana, hampir semua teman2 dari negara lain well equipped untuk Cultural Night – ajang untuk memperkenalkan & mempromosikan negara masing2.

Kontingen dari Malaysia bahkan membagikan CD promosi Malaysia Trully Asia-nya ke semua peserta. Kontingen Indonesia? Boro2 punya poster pariwisata kaya Korea & Mexico itu dehh.. Background booth Indonesia : kain batik dengan motif peta Indonesia.  Kita juga bawa wayang golek, aneka motif kain batik, mini angklung, sampe dodol! 

Semua modal sendiri untuk meramaikan booth kami yang tampak sangat sederhana dibanding yang lain. Tapi bukan berarti kita nggak “menjual” Indonesia loh… We tried to do so with all the limit, termasuk presentasi (in power point) yang dibuat temen2 kami di level national committee (aku masih local committee).

Sayang sekali Indonesia kurang gencar mempromosikan pariwisatanya.  Tanpa booth yang bagus ataupun presentasi yang canggih aja, banyak teman2 kami yang tertarik.  Apalagi kalo lebih well equipped, I’m quite sure we’ll beat Malaysia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: