Home

HKG-SIN Trip : Between Kowloon & Hong Kong Island

February 24, 2010

Tadi sore kita jalan-jalan ke beberapa tempat di area Kowloon dan HK Island.  Tepatnya sih cuma di sekitar Tsim Sha Tsui (TST), Central, dan The Peak aja karena keterbatasan waktu.

Which one is better :

AVENUE OF STARS ON FOOT
Tujuan pertama kita adalah Avenue of Stars, sekitar 15-20 menit jalan kaki dari Cosmic Hotel di Mirador Mansion.  Seharusnya sih jaraknya dekat, tapi kita harus muterin Sheraton Hotel via underground yang tembus di New World Centre.  Kebanyakan bintang yg jejaknya ada disitu aku memang nggak kenal, tapi udah pasti ada Chow Yun Fat dan Jackie Chan lah.  Tujuan utama kesitu lebih untuk ngeliat HK Island di seberang laut.  Tapi baru sekitar 10 menitan jalan, udah turun gerimis yang bikin kita nggak konsen lagi.  Akhirnya sibuk neduh di bawah observation deck deket Clock Tower. 

KOWLOON – HK ISLAND BY STAR FERRY
Kita jalan terus ke arah star ferry pier karena emang niat nyebrang ke HK Island naik ferry yang udah bolak-balik di Victoria Harbour sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.  Pilih upper deck supaya bias puas liat-liatnya.  Ngga sampe 10 menit kita udah sampai di Central Pier.  Selama naik ferry ini kita disuguhi pemandangan old & new : ferry & pier-nya yang sudah ada sejak lama dengan background skycrappers city.

Sayang banget cuaca hari ini kurang bagus : kabut dan gerimis, jadinya open-top double decker jurusan 15c yang menuju ke Peak Tram terminus nggak beroperasi.  Penggantinya bis biasa aja.  Sesampainya di Lower Peak Tram Terminus, kita disuguhi sejarah Peak Tram dari yang masih terbuat dari kayu sampai yang sudah modern, termasuk peralatan pendukungnya.   Jangan tanya berapa harga tiketnya ya, karena pake Octopus Card kita tinggal tapping kartunya aja.  

THE PEAK BY PEAK TRAM
Biar bisa dapetin pemandangan yang spektakuler, kita sengaja duduk di sisi sebelah kanan.  Bener aja, setelah sekitar 8 menit menanjak, tram-nya berhenti dan pemandangan Victoria Harbour ada di depan mata. Di balik kabut tipis aja keren banget, apalagi kalau cerah.  Nggak rugi deh mahal-mahal naik tram!

Sampai diatas, kita gagal naik ke Sky Terrace karena kabutnya udah tebel banget.  Akhirnya kita foto-foto bentar di Madame Tussaud dan ke Hard Rock Shop di The Peak Galleria.  Nyempetin cari oleh-oleh juga disini, karena katanya harganya nggak beda jauh sama di tempat lain dengan kualitas barang yg udah bagus, nggak usah susah milih. 

Ada cerita seru pas kita mau beli kaos di Hard Rock.  Sebetulnya tokonya udah tutup, tapi kita keukeuh nunggu di depan toko.  Mungkin karna pegawainya ngga tega liat muka melas kita yg udah jauh2 dateng, akhirnya kita dibolehin masuk asal bayarnya cash.  Langsunglah kita sibuk arisan buat bayar belanjaan hehehehe…xie xie ni 🙂

Disini aku juga udah mulai sibuk SMS-an sama Achiet yang lagi tugas di Hong Kong.  Setelah tek-tok SMS belasan kali, akhirnya kita sepakat untuk ketemuan di Central Pier. 

Ternyata perjalanan pulang lagi padet-padetnya.  Mungkin banyak yang juga mau nonton Symphony of Light kaya kita.  Setelah antri sebentar, kita langsung masuk ke jalur Octopus Card yang sepi.  Lumayan memotong antrian, karena ternyata mayoritas penumpang memang turis yg pake return tiket Peak Tram di jalur yg lain.  Pas nunggu bus 15c juga udah rame banget.  Begitu bus datang, langsung penuh! Padahal tadi pas berangkat kosong banget.

NONTON SYMPHONY OF LIGHT
Sesampainya kita ke Central Pier, Achiet muncul.  Di sela kesibukannya yang luar biasa, dia mau-maunya nemenin kita naik star ferry kembali ke TST.  Kali ini kita naik ferry di lower deck, yang ternyata nggak enak karena berisik suara mesin dan bau bahan bakar.  Sampai di Ferry Pier, Symphony of Light dimulai dan kita langsung diajak Achiet ke observation deck.  Menarik banget sih permainan lampu & lasernya, tapi pastinya benar-benar pemborosan energi ya!

15 menit kita nonton, foto-foto, lanjut jalan lagi cari makan malam.  Achiet ngajak kita ke Harbour City, mall terbesar di HK dan makan di BLT burger. Ngelewatin 1881 heritage di Canton Road yang masih keren aja.  Sayangnya karena tempat & waktu terbatas, Achiet ngga ikut makan dan kita pisahan disini.  Thanks a lot Chiet 🙂

Hummmm…. Dinner kali ini memang makanan termahal sepanjang perjalanan kita sih, tapi enak banget turkey bugernya!   Pas mau bayar sempet hamper pingsan, billnya HKD500an! Udah pasrah aja deh tu mau bokek, tapi ternyata mereka salah itung.  Seharusnya totalnya hanya sekitar HKD100-an aja.  Legaaaa….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: