Home

Haji untuk AstRiDhO

November 16, 2011

Alhamdulillah AstRiDhO sudah sampai kembali di rumah setelah hampir sebulan mengunjungi tanah suci.  Aku masih merasa risih kalau ada yang memanggil dengan sebutan Ibu Haji karena beberapa alasan, diantaranya karena aku masih merasa banyak hal masih perlu diperbaiki dari diriku dan masih harus banyak belajar.  Dan utamanya, karena haji adalah urusan personalku dengan Allah SWT, hablumminallah.

Kalau boleh AstRiDhO menganalogikan, haji adalah pekerjaan yang tiada akhir.  Saat baru masuk kantor, kita sering diberi training agar bisa menghadapi masalah sesungguhnya di dunia pekerjaan.  Training sangat mudah dan menyenangkan, tapi penerapannya yang sangat sulit.

Demikian pula dengan haji.  Perjalanan AstRiDhO ini adalah pelatihan dari Allah, yang mengajarkan banyak cara untuk menghadapi kehidupan di alam fana dan agar kami berbahagia di akhirat nanti.  Perjalanan haji ini juga seperti uji kompetensi apakah kami memang layak untuk hidup sebagai hamba-Nya.  Dan itu semua hanya tahap awal, karena pelaksanaan di kehidupan setelah perjalanan hajilah yang lebih berat dan menentukan arah berikutnya.

Sesungguhnya hanya Allah-lah yang berhak menilai ibadah(haji)ku.  Tentu aku selalu berbaik sangka pada-Nya, bahwa ibadahku diterima oleh-Nya.  Tapi aku pun selalu takut apakah amalku cukup untuk menyelamatkanku di hari akhir nanti.  Lagipula sependek pengetahuanku, haji adalah ibadah tanpa akhir.  Jadi.. Tak perlu panggil aku Ibu Haji, karena aku ingin tetap menjadi Astrid dalam versi yang jauh lebih baik.  Amieeen….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: