Home

Naik Metro Keliling Dubai

January 25, 2012

Ini ceritanya sengsara membawa nikmat.  Perjalanan dari Jakarta ke Istanbul dengan Emirates ada jeda transit hampir 10 jam di Dubai, yang pastinya akan membuatku mati gaya.  Tapi karena sudah pre-book overstay di Dubai GRATIS, akhirnya aku malah nggak terlalu memanfaatkan fasilitas hotel gratis dan memilih untuk jalan-jalan naik metro.

Kenapa harus metro? Mengingat banyak cerita buruk di Timur Tengah yang sering aku dengar, aku (catat : perempuan!) nggak berani naik taksi sendirian dan masih agak ragu juga untuk naik bus.  Pilihan tempat tujuan memang jadi terbatas di sekitar stasiun metro, tapi aku merasa aman.  Di setiap rangkaian kereta juga selalu ada gerbong khusus perempuan dan anak-anak, walaupun pada akhirnya aku cuma sekali duduk di gerbong itu tanpa sengaja.

Dari total waktu transit 9 jam 20 menit, 2 jam pertama dihabiskan di airport untuk antri eyescan demi mendapat visa, immigration control, dan 15 menit perjalanan ke Milenium Airport Hotel.  15 menit lagi untuk perjalanan kembali ke airport, dan 2 jam terakhir untuk check-in dan boarding.    Berarti waktu yang tersisa hanya tinggal 4 jam 50 menit saja, yang harus aku bagi untuk leyeh-leyeh, sarapan, mandi, makan siang, dan jalan-jalan.  Ternyata transit 10 jam itu sangat sempit!

Saat leyeh-leyeh di kamar, aku sudah melihat ada stasiun metro yang terletak di belakang hotel.  Tapi ternyata jalan menuju ke stasiun GGICO harus berputar sekitar 500m.  Setelah bertanya ke petugas stasiun, akhirnya aku beli one day pass seharga AED16 yang bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan. 

Menurutku Dubai sekarang sepi.  Selain terasa di arrival hall airport, di metro pun demikian.  Dari Union Square sampai Financial Centre yang merupakan business district, metro saat rush hour (berangkat kantor) tidak sepadat Paris atau Singapur.  Nggak perlu lah dibandingkan dengan KRL hehehehe…

Tujuan pertamaku tentu saja ke Burj Khalifa yang seakan-akan sudah memanggil sejak aku tiba di Dubai.  Saking tingginya gedung ini, aku sudah bisa lihat dari airport dan juga dari kamar hotel!  Dari GGICO, aku mengikuti redline sampai stasiun Burj Khalifa.  Kalau mau mendekat ke gedung dan juga mampir ke Dubai Mall, ada shuttle bis yang bisa dimanfaatkan. 

Tujuan berikutnya : lihat gedung Emirates yang semi kembar, masih di red line.  Buat arsitek atau insinyur sipil pasti suka banget ke Dubai.  Banyak gedung unik yang desain dan strukturnya nggak biasa.  Interior stasiun metro saja ada 4 tema besar, yang membuat tiap stasiun nampak unik walaupun eksteriornya sama. 

Tujuan terakhir : Dubai Creek.  Maksud hati sih mau lihat benteng dan old souk, tapi ternyata aku salah arah! Saat ganti kereta ke green line di Khaleed bin Al Waleed, harusnya aku ke arah Etisalat untuk turun di Al Ras dan sekitarnya.  Tapi karena ngga pake browsing dulu, aku malah mengarah ke Creek Station yang ternyata masih belum jadi!

Sebetulnya seorang petugas stasiun menjelaskan dengan sangat jelas tentang tempat yang aku mau.  Tapi karena waktu yang sudah mepet, akhirnya aku mengarah balik ke hotel karena belum mandi dari kemarin :p Masih nggak rela harus menyudahi jalan-jalan di Dubai dengan metro yang alhamdulillah aman-aman saja buat woma(e)n traveler.  Aman dalam artian nggak ada orang yang kurang ajar apalagi jahat, plus petugas yang helpful. Catatan penting buatku cuma satu : secepat apapun perjalanan, riset itu sangat penting supaya nggak buang-buang waktu! 

Sekarang aku sedang menunggu boarding menuju Istanbul, sambil berharap ada kesempatan untuk bisa jalan-jalan di Dubai lebih lama. Ke Burj Al Arab, Souq, desert, dan ditemani Mas Ridho tentunya 🙂

One Response to “Naik Metro Keliling Dubai”

  1. Ridho Says:

    Amiiin…Emirates please fly again to Tripoli


Leave a Reply

