Home

Efek Gendut ** Menyemangati Diri**

April 3, 2010

Sebetulnya aku sudah mulai merasa nggak nyaman dengan pertambahan berat badanku sejak beberapa bulan yg lalu.  Nggak enak diliat apalagi difoto sih udah pasti lah ya… Belum lagi baju-baju yang mulai mengecil 😛 Tapi berhubung buat aku “isi” lebih penting daripada casing, jadi it’s not a big deal.  Yang jadi masalah adalah kesehatan…

Mulai menjadi-jadi dikala hasil medical check-up akhir tahun kemarin keluar. Kadar kolesterol & asam urat nambah dibanding medical check-up 2 tahun sebelumnya, belum melewati batas normal tapi udah di ambang atas batas normal. Ada bukti statistik yang menyatakan kalau aku harus hati-hati walaupun aku udah tau dari sebelumnya, karena ciri-cirinya udah nyata :

– rasanya badan cepet capek, gampang sakit

– kaki kapalan karna penambahan beban yang disangga

– kulit kusam karna kurang buah & air putih.

– keringet lebih bau dari biasanya **masih dalam kategori wajar kok :P**

– lingkar pinggang tampaknya >80 cm karena celana mulei nggak muat

Hari ini aku seperti disadarkan lagi.  Resolusi tahun ini untuk hidup lebih sehat belum dijalankan sama sekali.. Gara2nya, baru baca satu artikel mengenai David Gurnani, pemenang the Biggest Loser Asia yang dengan disiplin tinggi berhasil menurunkan 83 kg.  Pas browsing juga tau2 aku terdampar di laman kesehatan.

Entah ada angin apa, teman2 di twitter juga sedang merasa kelebihan berat badan dengan sejuta alasan dan menantang untuk masing2 dari kita menurunkan 12% berat badan, yang menang berhak minta ditraktir apa aja… Hummm… chalenging!

Aku nggak mau pake obat2an karena khawatir dengan efek sampingnya.  Aku juga nggak mau ekstrim karena ngga mau berakhir di rumah sakit atau hidup jadi keteteran karna ngga bisa mikir. Daan, aku juga nggak mau overtrain, takutnya bukannya sehat malah sakit.

Tapi apa yg bakal aku lakukan ya?

Yang pasti sih harus memperbanyak olah raga… Karena aku tau, yoga 1 jam seminggu sangat kurang untuk menggerakkan badan.  Trus aku juga harus mulai makan lebih sehat : banyak buah dan sayur, kurangi makanan instan, kurangi gorengan.  Sama yang aku tau harus aku lakukan tapi akan berat banget : kurangi tidur!

Hufff… Semoga aku sanggup ngejalaninnya ya.  Nanti malem aja godaannya udah jelas : my mom & dad birthday dinner @ d’leuit….

One Response to “Efek Gendut ** Menyemangati Diri**”

  1. ridho Says:

    Setujuh….saling semangati yak, di tripoli siy mas idho udah makannya gak sebanyak kunjungan pertama trus disini juga makan buah2an melulu (kiwi, peach, mangga, jeruk)


Leave a comment